Berbagi rasa selama belajar memulai bisnis di internet

Belajar menurutku mempunyai definisi meningkatkan kemampuan/keahlian agar kualitas individu menjadi lebih baik dari sebelumnya. Jadi jika kita mempunyai kemampuan, sebut saja skalanya 1 s/d 10, di angka 5 dan ingin agar menjadi 6 atau 7 dan seterusnya maka kita wajib mempelajari hal-hal lain yang sekiranya dapat meningkatkan keahlian kita.

Sebagai orang yang baru mengenal internet dan mulai mempelajari serta memulai terjun langsung untuk belajar berbagai macam bisnis yang ditawarkan di dunia maya ini, aku mempunyai catatan tersendiri yaitu bahwa ternyata belajar berbisnis di internet tidak jauh beda dengan bisnis di dunia nyata.

Internet bukanlah teknologi untuk kalangan tertentu, semua orang sekarang dapat mengaksesnya dari berbagai macam piranti mulai dari komputer, laptop bahkan dari HPpun seseorang akan dapat berselancar di dunia maya.

Kenaikan yang signifikan terhadap pengaksesan internet yuang dilakukan oleh orang Indonesia mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Apakah ini sebuah tolok ukur bahwa masyarakat kita sudah mulai menguasai teknologi informasi ataukah sebagian besar pengguna baru tersebut hanya memakai sebagian kecil fasilitas yang ada di internet untuk sekedar berFacebook atau chatting via messenger dengan temannya agar tidak dikatakan gaptek?

Namun meningkatnya jumlah pengakses internet di Indonesia akan membuka kemungkinan yang lebih besar lagi terhadap peningkatan bermacam-macam bisnis baru yang hanya bisa diperoleh dari internet.

Bila dibandingkan dengan Amerika, Kanada atau Inggris dan negara-negara maju lainnya yang telah mengenal terlebih dulu tentang pembelian atau penjualan suatu barang atau jasa yang biasa dilakukan melalui internet, maka kondisi di Indonesia tidaklah seperti itu. Disini orang belum terbiasa uintuk membeli barang atau menginginkan sebuah layanan jasa melalui internet. Namun bukan tidak mungkin, untuk beberapa dekade ke depan orang Indonesia akan mulai terbiasa berbelanja segala macam kebutuhannya dengan bertransaksi bisnis lewat internet.

Jika sudah mencapai tingkatan seperti itu maka bukankah mulai belajar untuk berbisnis di internet menjadi ilmu baru yang pantas untuk kita pelajari dengan lebih baik dengan asumsi bahwa apa yang kita pelajari itu adalah untuk meningkatkan kualitas diri kita seperti yang telah aku singgung di awal tulisan ini.
Free website counter