Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang

kenali dan kunjungi objek wisata di pandeglangKenali dan kunjungi objek wisata di Pandeglang adalah perhentian berikutnya dalam membangun kepercayaan diri untuk mencari, memahami dan memaksimalkan ilmu tentang SEO. Sebagai seorang awam tentang dunia nge-blog, memperbanyak informasi dari berbagai sumber sangat bermanfaat untuk kelangsungan kegemaran baru di dunia maya ini.

Sekilas tentang Pandeglang.
Kabupaten Pandeglang terletak di sebelah barat P. Jawa yang pada tanggal 1 April 1874 telah resmi mempunyai pemerintahan sendiri yang terpisah dari kekuasaan keresidenan Banten berdasarkan keputusan Gubernur Hindia Belanda waktu itu seperti yang tertulis dalam Staatsblad tanggal 1 Maret 1874 no.73 yang mulai berlaku 1 April 1874. Lalu diperkuat lagi dengan ordonansi tahun 1877 nomer 224 yang menyatakan tentang batas wilayah keresidenan Banten dan batas wilayah kabupaten Pandeglang yang ditetapkan tanggal 14 Agustus 1925 nomer XI.

Dari kenyataan di atas, disepakati bahwa tanggal 1 April 1874 ditetapkan sebagai hari kelahiran kabupaten Pandeglang karena pada tanggal itulah Pandeglang telah mempunyai wilayah/daerah sendiri, pemerintahan dan warga masyarakat.

Pandeglang sendiri dikenal sebagai kota santri, agamis dan patriotis karena ketiga hal itu tidak bisa dilepaskan dari akar sejarah yang membentuk kabupaten Pandeglang pada jaman itu.

Objek Wisata di Pandeglang.
Salah satu objek wisata di Pandeglang -dalam tulisan Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang ini- yang terkenal adalah Taman Nasional Ujung Kulon. Kawasan taman nasional Ujung Kulon adalah semenanjung yang berada di ujung sebelah Barat Pulau Jawa. Secara administrasi kawasan konservasi ini masuk dalam wilayah Kecamatan Sumur dan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, Propinsi Banten. Jenis ekosistem yang ada di taman nasional ini adalah hutan pantai, hutan mangrove, hutan rawa air tawar, hutan hujan dan padang rumput. Objek wisata di Pandeglang ini mempunyai keanekaragaman flora atau tumbuhan, tercatat sekitar 342 jenis tumbuhan yang telah dikenali di taman nasional ini. Dan yang paling terkenal dari objek wisata ini adalah suaka untuk hewan-hewan langka, salah satunya adalah Badak Jawa yang sudah hampir punah. Ada juga Banteng, Owa Jawa (sejenis kera), Macan Tutul, Kancil, Lutung, Kera Ekor Panjang, Musang, Ayam Hutan, Merak, Penyu Hijau, Penyu Sisik dan Buaya Muara serta Biawak dari jenis reptil.

Pandeglang juga terkenal dengan objek wisata pantainya dan salah satu pantai yang dikenal luas adalah Pantai Carita. Pantai Carita ditetapkan melalui SK Menteri Pertanian no. 440/kpts/UM/1978 sebagai Taman Wisata Alam. Dengan ciri pasir pantai yang berwarna putih dan ombak laut yang relatif kecil maka pantai ini amat cocok sebagai objek wisata keluarga karena kondisi alamnya yang relatif aman. Disamping itu juga pengunjung objek wisata ini bisa menyewa Jet Ski (semacam speed boat yang berbentuk seperti sepeda motor) dan juga ada Banana Boat (perahu karet berbentuk pisang yang ditarik oleh speed boat).

Masih dalam kaitan Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang membahas tentang objek wisata pantai di Pandeglang, selain Pantai Carita, ada juga wisata pantai lain yang juga bisa dikunjungi oleh para wisatawan antara lain wisata di Tanjung Lesung, wisata di Pantai Bama dan wisata Pantai Ciputih. Untuk wisatawan yang suka berenang bisa setidaknya mengunjungi Curug Gendang yang mempunyai air terjun menawan. Selain itu ada objek wisata Cisolong (sekitar 10km dari kota Pandeglang) yang terkenal dengan pemandian air air panasnya, ada juga pemandian alam Citaman terletak di kaki gunung Pulosari.

Setelah kita mengenal wisata pantainya, maka untuk melengkapi pengetahuan kita tentang kabupaten Pandeglang, tidak salah kalau kita kenali lebih dekat industri rakyat apa saja yang berada di Pandeglang. Kerajinan makanan kecil Emping Mlinjo rupanya menyerap tenaga kerja yang tidak sedikit (sekitar 20.000 orang terlibat dalam industri ini) dimana sentra industrinya berada di kecamatan Menes, Labuan, Jiput dan Pagelaran. Disamping industri makanan, Pandeglang juga mempunyai potensi di bidang meubel dan kerajinan tangan yang dikembangkan di kecamatan Bojong, Sumur dan Cimanggu.

Tak sempurna jika kita Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang tanpa melihat kesenian tradisional yang ada di sana. Rampag Bedug, tari Saman, Padindang Pandeglangan dan Debus adalah jenis-jenis seni tradisional yang menjadi daya tarik wisata di Pandeglang. Dan menurut saya, Debus adalah seni bela diri yang kebal terhadap senjata tajam, panas api/minyak yang sudah terkenal di Nusantara. Debus bisa disebut sebagai ikon Pandeglang.

Mungkin satu halaman blog tidak akan cukup untuk kita kenali tentang apa saja yang ada di Pandeglang dan satu hari tidak akan cukup untuk kunjungi objek wisata di Pandeglang, namun melalui sajian tulisan Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang yang di prakarsai oleh urang CintaPandeglang bisa menjadi langkah awal untuk mengenal Pandeglang lebih dekat.
Free website counter