Mencari partner link ternyata susah-susah gampang

Beberapa hari belakangan ini, aku memang lebih fokus untuk mencari teman sesama blogger yang mau aku ajak untuk tukeran link berupa anchor text. Setelah melihat-lihat apakah ada yang kira-kira cocok dengan blog ini maka aku kirim PM (Private Messege) ke pengelola blog yang bersangkutan.

Ya, beberepa ada yang langsung menerima dengan senang hati tapi sebagian besar malah ga jawab PM-ku, ada juga yang menjawab PM—ku tapi dengan kata “maaf, saya tidak bisa tukeran link dengan blog kamu…” ( hehehe capek deh…).

Ternyata untuk mencari teman di dunia maya tidak segampang seperti perkiraanku selama ini, malah mungkin lebih sulit dibandingkan jika kita mau menjalin pertemanan di kehidupan sehari-hari.

Namun yang menarik dari rangkaian “touring” ke blog lain ada beberapa catatan penting yang mesti aku tuliskan di kesempatan kali ini, tips ini sangat mungkin akan bermanfaat sekali untuk para pemula. Tips-tipsnya adalah :

~ Carilah teman untuk link/banner exchange dengan blogger yang jujur dan adil. Saya telah melihat bahwa ada puluhan blog/situs yang menempatkan daftar exchange link/banner mereka “kurang” pada tempatnya. Artinya jika mau tukeran link/banner, lihat dulu mau ditempatkan dimana link/banner kamu, di sidebar atau di postingan/sub domain. Contoh : Jika kamu menempatkan link/banner si A di sidebar blog kamu maka harusnya kamu “berhak” juga mendapatkan link/banner kamu di blog si A pada sidebar-nya dan bukan di halaman posting atau sub domain-nya atau apalah. Kecuali jika kamu menempatkan link/banner si A di postingan/sub domain atau apalah blog kamu maka kamu jangan terlalu memaksa si A untuk meletakkan link/banner kamu di sidebar-nya. Alasannya kenapa? Karena kebanyakan/sebagian besar PR sebuah blog/situs ranking tertingginya ada di halaman utama (homepage) dan di halaman posting biasanya PR-nya tidak besar atau 0 (nol) bahkan n/a !. Jadi apa kata dunia, jika link/banner kita hanya ada diblog/situs lain yang ber PR0 (atau malah n/a)?

~ Pastikan bahwa link/banner kita diblog partner link bersifat DOFOLLOW, ini yang juga kadang luput diperhatikan oleh para pemula. Pakai browser Firefox untuk mengetahui apakah link/banner kita bersifat DOFOLLOW di blog/situs lain. Kalau ga DOFOLLOW, ya komplain aja, biar kita jangan dianggap mudah dibohongi walaupun masih pemula.

Ok, silahkan mencari partner link yang baik.
Free website counter