Mulai belajar SEO lebih serius

Setelah beberapa waktu lalu sudah melamar adsense dan sekarang sudah resmi menjadi publisher adsense maka sekarang sudah tiba masanya untuk lebih mempelajari dan mendalami SEO (Search Engine Optimization) yaitu kurang lebih artinya mengoptimalkan blog/situs agar lebih mudah dirayapi oleh robot perayap sehingga blog/situs bisa lebih cepat terindeks dan mampu tampil di urutan 10 besar dalam hasil pencarian search engine dengan kata kunci tertentu.

Sebagai seorang newbie, saya bak anak sekolahan yang paling malas kalau disuruh belajar mata pelajaran yang tidak saya sukai. Sama juga seperti harus belajar SEO, ini juga mungkin merupakan pelajaran untuk para pemula seperti saya yang kurang diminati atau kurang populer. Jadi kalau jalan-jalan ke blog orang lain dan ada kategori SEO, maka sudah jelas dan pasti, bahwa kategori itu tidak akan pernah saya klik. (He..he..he.. dasar pemula yang malas !)

Namun demikian apa mau dikata, lagi-lagi bak anak sekolahan yang harus bisa membaca, maka pelajaran SEO ini harus juga dipelajari dan dikuasai sehingga pada akhirnya saya tidak menjadi frustasi karena sebagai publisher adsense mendapati blog yang saya tempeli kode adsense tidak ada klik yang dihasilkan. Gimana mau dapat klik, pengunjung saja jarang yang datang. Gimana mau ada pengunjung yang mau datang ke blog saya, orang blog saya tidak ada di urutan 10 besar hasil mesin pencari.Wah, rugi dong saya...?! Ya, jelas dong...!

Menyadari arti pentingnya lalu lintas pengunjung (visitor traffic) untuk blog saya, maka saya sudah 3 hari ini mulai mencari dan terus mencari "panduan SEO" yang mudah saya mengerti dan saya praktekkan langsung (harap maklum, saya orangnya agak lemot, he..he..he..). Dan hasil belajar saya, langsung saya terapkan di blog yang bagus ini ( Iihh, najis... eh narsis...).

Menurut si pemandu nih, katanya blog yang sudah di SEO dengan benar maka baru akan nampak hasilnya dalam waktu paling cepat selama 3 atau 4 bulan ke depan. Artinya dengan kata kunci tertentu, blog itu akan muncul di urutan 10 besar hasil pencarian mesin pencari. Wah... kok lama sekali ya?

Tapi tak apalah, apa artinya 3 atau 4 bulan lagi, toh saya pernah menghabiskan selama kurang lebih satu tahun hanya untuk belajar agar diterima menjadi publisher adsense. Beberapa bulan ke depan mungkin saya harus lalui lagi untuk belajar SEO agar paling tidak blog-blog yang saya bangun untuk keperluan mendapatkan USD dari pay per click, bisa benar-benar saya nikmati hasilnya. Who knows...?
Free website counter