Tari Pendet digoyang Malaysia. Lagi...!

tari pendetTari Pendet, Hhheeh( mengelus dada )... sekarang giliran kamu diklaim sebagai tarian asal Malaysia. Wah, makin ga ada kerjaan aja orang Malaysia itu. Setelah sebelumnya mereka mengakui bahwa Reog Ponorogo adalah asli Malaysia sekarang giliran Tari Pendet yang jadi bahan rebutan. Apa yang salah sebenarnya dengan budaya Malaysia ?

Memangnya berapa juta sih penduduk beragama Hindu yang ada di Malaysia ? Berapa banyak kuil Hindu yang ada di Malaysia ? Apakah kuil Hindu di sana lebih banyak daripada yang ada di Bali ? Lalu kalau lebih jauh pertanyaannya, hai orang Malaysia, sebenarnya apa sih makna religius di balik tari Pendet itu ? Apakah mereka bisa menjawab dengan benar atau malah menjawab dengan ngawur/ngaco ?

Tari Pendet tidak usah diklaim dari mana asalnyapun, orang-orang sedunia pasti akan langsung menjawab dengan serempak dan tegas "BALI", karena memang dunia sudah memaklumi secara sadar bahwa Bali adalah homebase tari Pendet. Jadi tak ada gunalah, orang Malaysia mencoba mengklaimnya sebagai tarian asal Malaysia. It's NONSENSE ! Ga masuk akal dan konyol, sekonyol orang-orang Malaysia !

Memang negeri tetangga tersebut sukanya mengumbar isu-isu murahan yang mereka tidak sadar itu melukai hati Indonesia ( terutama orang-orang Bali ). Entah apa maksud mereka, apa karena hanya untuk menarik jumlah wisatawan ke negera Malaysia karena kurang menariknya tarian ala Melayu asli Malaysia ?

Yang jelas, sekali lagi, ini hanyalah sebuah impian di siang bolong sebuah negara yang ingin memperkaya khasanah budayanya dengan mengajukan klaim yang murahan macam itu. Mereka lupa bahwa Bali adalah induk tari Pendet !
Free website counter