Perlu waktu untuk menguasai ilmu SEO

Setelah beberapa hari ini jalan-jalan ke blog tetangga mencari info tentang bagaimana cara mengoptimalkan blog supaya bisa mendapat posisi terbaik di hasil pencarian search engine maka ada beberapa hal terpenting yang harus saya lakukan untuk mencapai hal tersebut.

Hal-hal yang berkaitan dengan SEO menurut saya seperti yang tertulis di banyak situs yang menulis tentang SEO adalah :

1. On-Page Optimization yaitu pengoptimalan yang dilakukan di dalam situs.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan menyangkut on-page optimization ini yaitu menentukan kata kunci yang menjadi sasaran dan menempatkan kata kunci tersebut di halaman utama situs. Kata kunci sasaran-agar lebih optimal-harus juga ditempatkan di dalam Meta Tag, ini biasanya bisa ditemui di dalam source code diantara kode "HEAD". Ada 3 jenis meta tag yaitu Keywords, Title dan Description. Dan konten/isi situs adalah hal terakhir yang perlu diperhatikan di dalam cara on-page optimization ini, konten/isi paling tidak memuat 3 - 10% kata kunci sasaran dari total jumlah kata yang ada di sebuah postingan. Jadi cara terbaik untuk menyuguhkan sajian konsumsi buat "robot" yaitu menyebarkan kata kunci sasaran secara merata di setiap posting.

2. Off-page Optimization yaitu pengoptimalan yang dilakukan dari luar situs.
Cara ini bisa diterangkan secara sederhana yaitu suatu kegiatan yang kita lakukan pada situs kita dengan tujuan agar "robot" berpikir bahwa situs kita adalah situs yang "terkenal" di antara situs lainnya. Cara ini bisa dilakukan dengan melakukan pertukaran link (link exchange) dengan sesama blogger lainnya. Makin banyak kita melakukan pertukaran link, maka "robot" akan berpikir bahwa situs kita penting. Namun yang perlu diperhatikan dalam link exchange ini adalah cara situs yang mempunyai topik yang serupa dengan milik kita, usahakan agar link partnet kita sudah mempunyai page rank, makin tinggi PR-nya makin baik.

Itulah 2 hal yang bisa saya pelajari selama beberapa hari ini tentang belajar SEO, tapi rupanya kedua hal tersebut adalah hal-hal pokok yang masih memerlukan pengembangan selanjutnya, tapi ini sudah lumayan buat saya yang ingin membangun sebuah situs untuk keperluan adsense ataupun bisnis online. Dan yang kedua bahwa situs kita memerlukan waktu supaya bisa didatangi oleh pengunjung melalui trafik gratis. Minimal 3 bulan waktu yang diperlukan oleh sebuah situs yang sudah dioptimalkan dengan benar untuk mendapatkan trafik gratis dari search engine.
Free website counter